6 Cara Mudah Mencegah Spyware dan Keylogger di Komputer Anda

Cara Mencegah Spyware dan Keylogger


Cara mengatasi keyloger-Cyber terrorism Kejahatan tidak hanya terjadi di dunia nyata namun juga dunia maya ,Apa yang dicuri oleh cybercrime dari kita? jawabannya tak lain adalah Data . Data adalah tambang emas yang bernilai tinggi layaknya harga cryptocurrency saat ini,Walaupun agak berlebihan namun memang seperti itulah yang terjadi.Jika kita tidak waspada ,pencurian data bisa saja terjadi tanpa sepengetahuan kita terlebih jika data yang dicuri adalah informasi penting dari sebuah perusahaan.

Karakteristik yang paling umum terjadi untuk menyusup celah keamanan adalah menanamkan sebuah malware seperti virus ,worm,spyware,adware,dan lain-lain di komputer kita.Selain itu,penyusup juga bisa menembus melalui pintu belakang atau lebih dikenal sebagai back door.Mereka juga akan mencari kelemahan dari sistem target ketika sebuah serangan terjadi masuk melalui port seperti mencuri data yang rahasia,mengubah konten ,membocorkan informasi maupun mencuri pasword.

Apalagi sekarang ini telah banyak aplikasi portable yang diciptakan,serangan cyber pun dapat dengan mudah dilakukan oleh para hacker dengan menggunakan flashdisk/USB.

Spyware


Kali ini contoh spyware akan kita bahas yaitu KGB yang akan mencari kelemahan user dan biasanya penyusup akan masuk untuk  menanamkan sebuah aplikasi pada sistem windows yaitu didalam folder system32 yang bernama runkgb.exe.Tentu saja Anda harus berhati -hati dalam melakukan transaksi dengan menggunakan komputer misalnya menggunakan internet banking,social media,email dan sebagainya ,pastikan komputer itu aman dari serangan spyware.Gambar dibawah ini adalah penampakan aplikasi keylogger yang dapat membaca semua aktifitas komputer kita.


Cara Mencegah Spyware dan Keylogger


KGB keylogger dapat dikatakan sebagai spyware ,karena KGB dapat merekam setiap aktivitas pada komputer maupun semua aktifitas keyboard yang kita ketikan.Jadi jangan salah jika password anda diambil dan dialihkan oleh orang lain,itu karena anda kurang berhati-hati.

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk menghindari Keyloger ini ?

Tips menghindari Spyware Keylogger 


1.Cara pertama menghindari keylogger KGB diatas yaitu anda harus melakukan search pada Local Disk C dengan nama runkgb.Jika memang ditemukan anda dapat segera menghapusnya.Jika belum lanjut ketahap selanjutnya.

2.Menggunakan Antivirus yang selalu diupdate.Menggunakan antivirus yang uptodate tidak hanya dapat menghindari keylogger saja namun juga dapat mengantisipasi serangan virus,malware,worm dan sebagainya.

3.Berhati-hati saat mengetikkan user id dan password.Ada sebuah fitur bawaan dari Windows yang dapat anda coba jika ingin luput dari rekaman keyloger yaitu menggunakan On Screen Keyboard.Selain itu anda juga dapat mengetikkan password pada notepad lalu anda copy pastekan ke form login.

4.Hindari melakukan instalasi perangkat lunak yang tidak diketahui terutama dengan lisensi yang tidak terkenal bahkan tanpa lisensi , hal ini biasa terjadi jika kita melakukan pengunduhan berkas di internet menggunakan downloader dari web tersebut.Tanpa kita ketahui downloader tersebut melakukan penunguhan aplikasi lain ke komputer kita ,jika kurang berungtung spyware lah yang terinstall pada komputer kita.

5.Gunakan Anti Keylogger.Banyak sekali nti keylogger yang bisa anda temukan di internet,anda bisa mencarinya di google dengan keyword "download  Anti spyware". 

6.Gunakan versi Operating Sistem yang terbaru .Dalam artian pasang OS versi terbaru karena pasti memiliki kemanan lebih tinggi dari versi OS sebelumnya .Jangan lupa sering melakukan system update untuk mendapat patch perbaikan keamanan terutama jika anda menggunakan OS Windows.


tag:

menghapus keylogger - membuka keylogger yang tersembunyi - cara mencari keylogger di pc - cara mengetahui komputer terkena keylogger - cara cek keylogger - anti keylogger

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

3 comments

comments
9 August 2021 at 10:27 delete

Pretty good post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed reading your blog posts. Any way I'll be subscribing to your feed and I hope you post again soon. Big thanks for the useful info. track a cell phone

Reply
avatar
26 October 2021 at 04:09 delete

nice post thanks for share it must visit Can Dogs Eat Cauliflower for more details.

Reply
avatar